WhatsApp Akan Bisa Digunakan Untuk Kirim Uang!


Whatsapp Payment

WhatsApp diketahui mulai menyediakan fitur terbaru yaitu pembayaran digital di layanan pesan singkatnya. Bertajuk “WhatsApp Payments”,  hal ini akan diuji coba di India untuk pengguna yang bergabung dalam program beta. Rumor ini tentu sudah diperbincangkan sejak Januari lalu, lalu rumor ini pun akan muncul pada bulan Februari ini. Adapun mekanisme WhatsApp Payments menggunakan sistem Unified Payments Interface (UPI). Antarmuka pembayaran itu memfasilitasi transaksi lintas bank di India, beberapa di antaranya State Bank of India, ICICI Bank, HDFC Bank, dan Axis Bank.

Tentunya izin untuk menggunakan UPI diperoleh WhatsApp dari Pemerintah India sejak Juli 2017 lalu. Proses pengembangan selama lebih kurang setengah tahun akhirnya membuahkan hasil tepatnya bulan Febuari ini. Tetapi untuk sementara ini, pemanfaatan WhatsApp Payments terbatas pada transaksi duit antar-pengguna, alias peer-to-peer. Pengguna belum bisa melakukan transaksi ke merchant pihak ketiga. Lalu cara bertransaksi dengan WhatsApp Payments? pertama-tama, dua pihak pengguna yang hendak bertransaksi harus mengikuti program beta dan meng-install versi teranyar WhatsApp untuk iOS ataupun Android.

ARTIKEL TERKAIT
Telah Dilaporkan Ribuan Kali, Tik Tok Resmi Diblokir Pemerintah!

Aplikasi WhatsApp Akan Bisa Digunakan Untuk Kirim Uang!

Nah, setelah itu beginilah cara mengirim uang, pengguna cukup menekan ikon attachment yang juga diklik saat hendak mengirim kontak, media, lokasi, dll. Pengguna akan menemukan opsi payments. Pilih kontak yang hendak Anda kirimi uang, pilih akun bank Anda dan penerima, masukkan nominal uang, masukan pin UPI, lantas uang Anda akan terkirim secara virtual. WhatsApp Payments mendukung transaksi ke lebih dari 70 bank di India.

Saat transaksi pertama, pengguna bakal diminta memverifikasi nomor seluler. Pastikan nomor seluler untuk mengakses WhatsApp sesuai dengan nomor seluler yang tertaut dengan akun bank pengguna via UPI. Jika Anda tak punya akun UPI, WhatsApp Payments memiliki opsi untuk membuat akun UPI baru.

Karena fitur ini masih dalam versi beta, semua transaksi Anda akan terekam pada opsi history di WhatsApp Payments. Belum ada fitur lebih lanjut tentang hal ini, karena ini termasuk versi beta. Tetapi fitur ini belum ada di negara Indonesia, belum ada penjelasan lebih lanjut tentang kapan di Indonesia akan muncul fitur WhatsApp payment.

ARTIKEL TERKAIT
Microsoft Hololens V3 Siap Gemparkan Pasaran Teknologi 2019

Suka? Ayo Bagikan konten ini Ke teman agar makin Seru!

0 Komentar

Bagaimana perasaan kamu setelah membaca konten ini?

Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Bingung Bingung
0
Bingung
Takjub Takjub
0
Takjub
Suka Suka
0
Suka
Marah
0
Marah
Sedih
0
Sedih
Kautsar Juhari

Founder & CEO Dafunda Community. Anime Favorit saya Gintama, Film Favorit Forrest Gump, dan Game yang paling sering saya mainkan adalah Pro Evolution Soccer.

Mau Berbagi Apa Hari ini?
Artikel
Konten Original dari Kamu atau Berita Seputar Geek dan Pop-culture
Daftar / List
Daftar atau List Klasik yang Sering kamu temukan di dunia maya
Peringkat
List Peringkat yang Bisa di Upvote atau Downvote oleh Komunitas untuk menentukan Urutan Terbaik