AMD STOREMI

AMD StoreMI: Software Terbaru AMD Padukan 2 Storage Berbeda Dalam 1 Wadah


Teknologi AMD StoreMI merupakan fitur unik yang hanya hadir untuk platform AM4 khusus Mobo seri 400 yang tersedia secara gratis untuk diunduh. Ibaratnya, ketika Intel memiliki Optane SSD sebagai kombinasi ampuh untuk akselerasi antara SSD dan HDD. Maka pengguna AMD kini akan merasa jauh lebih baik dengan kehadiran StoreMi. Dan jika anda bertanya-tanya tentang pilihan teknologi unggulan ini, mari kita ungkap lebih dalam dibawah ini.

Ada banyak hal yang menjadi keunggulan dari fitur ini dan salah satunya adalah akselerasi yang akan mengkombinasikan fitur standar HDD menjadi kekuatan SSD dalam satu paket. Intinya, ketika kita masih merasa bahwa kapasitas SSD masih menjadi masalah. Kehadiran StoreMi akan menjadi solusi jitu untuk menyatukan antara HDD dan SSD dalam satu wadah. Sehingga dualisme kombinasi ini akan memberikan performa terbaik, khususnya untuk kinerja HDD ke level yang jauh lebih baik.

Apa Sebenarnya Teknologi AMD StoreMI Itu? 

Apa Itu AMD STore MI Min
Apa itu AMD Store | anandtech.com

Teknologi StoreMI untuk AMD merupakan perangkat lunak Real-time Tiering dengan Machine Intelligence yang sangat canggih dan modern. Kehadiran software ini akan memadukan 2 kelas storage yang berbeda menjadi satu wadah sistem media penyimpanan. Dimana ia akan memunculkan satu sistem operasi single Drive dari dua jenis pilihan penyimpanan yang berbeda. Hasilnya, pengguna akan memiliki satu pilihan storage dengan kinerja layaknya SSD yang cepat. Namun masih memiliki keunggulan dalam hal kapasitas.


CONTINUE READING BELOW

BACA JUGA
Inilah Keunggulan Smartphone Luna X Prime yang Akan Membuat Anda Tertarik Membelinya

Contohnya, ketika anda memiliki SSD sebagai pilihan utama sebagai sistem operasi, disisi lain anda memiliki HDD sebagai media penyimpanan kedua. Dahulu pilihan ini masih ada jarak yang panjang dalam hal kinerja. Apalagi keterbatasan kapasitas dalam SSD memaksa pengguna untuk menyimpan file mentah maupun game di dalam HDD standar. Hasilnya, kinerja yang dihasilkan mungkin tidak terlalu ideal, khususnya saat loading game maupun kinerja transfer data.

Namun, semuanya berbeda ketika AMD menghadirkan teknologi StoreMi yang bisa menjadi solusi ampuh untuk semua keterbatasan tersebut. Ia akan menyatukan HDD dan SSD menjadi satu wadah media penyimpanan. Sehingga performa yang dihasilkan akan jauh lebih efektif, termasuk untuk kinerja transfer data maupun waktu loading dalam game.

Cara Kerja AMD StoreMI

Cara Kerja AMD Store MI Min
Cara Kerja AMD Store | anandtech.com

AMD StoreMi Software akan menyatukan dua pilihan drive storage menjadi satu drive. Dimana aktivitas penyimpanan pengguna akan dipantau secara dinamis dan StoreMI belajar bagaimana kita menggunakan sistem penyimpanan tersebut. StoreMI menggunakan SSD sebagai drive utama, sementara solusi cache yang ada pada SSD mempercepat kinerja HDD. Dengan alur kinerja ini, sistem dengan teknologi StoreMi akan memberikan manfaat besar. Seperti proses kegiatan membaca dan menulis bisa secepat SSD, sementara kapasitas masih tetap besar.


CONTINUE READING BELOW

BACA JUGA
Membunuh Windows 7, AMD Ryzen Hanya Hadir Untuk Windows 10

Ketika aktivitas data yang biasa kita pakai tidak aktif atau jarang kita pakai, Maka ia akan dipindahkan ke penyimpanan kapasitas HDD, dengan opsi bahwa pilihan ini sudah memiliki lebih banyak ruang untuk penyimpanan aktif yang dibutuhkan. Sementara, cache didalam SSD akan memindahkan sementara data aktif ke SSD, tetapi data dalam cache di-flush secara teratur.

Selain itu, teknologi ini juga akan menggunakan sejumlah kecil kinerja CPU. Dimana StoreMI akan menggunakan sekitar 1-2% dari CPU. Namun tidak seperti cache, dimana pilihan ini harus mengelola tabel pencarian. StoreMI justru bisa jauh lebih ideal yang mana ia merupakan teknologi pemetaan.

Syarat Untuk Menggunakan AMD StoreMI

AMD Store Min
Keunggulan AMD Store | anandtech.com

Pilihan software ini tersedia secara gratis untuk diunduh, namun ada sejumlah persyaratan yang perlu dilihat untuk pengguna. Pertama, AMD StoreMI tampaknya memiliki keterbatasan, dimana ia hanya mampu mendukung hingga 256GB SSD. Sehingga pilihan kapasitas SSD besar mungkin perlu melakukan sejumlah pengaturan kembali.

Kedua, teknologi ini hanya hadir bagi mereka yang memiliki motherboard AMD socket AM4 dengan seri chipset 400. Sehingga mobo AM4 dibawahnya tidak mendukung teknologi ini. Meskipun, mereka yang masih menginginkan fitur tersebut. AMD menyediakan pilihan software premium Enmotus FuzeDrive for AMD Ryzen, hanya saja pilihan ini berbayar. Selain itu, pastikan juga untuk memiliki konfigurasi AHCI sebagai pilihan utama, bukan RAID.


CONTINUE READING BELOW

BACA JUGA
Semakin Maju, Ini Dia Penerapan Teknologi Augmented Reality Di 5 Bidang yang Berbeda

Sedangkan untuk masalah kompabilitas lainnya, termasuk syarat untuk memulai, pilihan ini hanya dirancang untuk versi desktop dan tidak cocok untuk notebook. Sedangkan untuk persyaratan sistemnya, sistem anda harus memenuhi konfigurasi minimum, yakni prosesor AMD socket AM4 dan motherboard dengan chipset seri 4xx, RAM 4G (RAM 6G untuk mendukung cache RAM), dan Sistem operasi Windows 10. StoreMI ini juga sudah didukung pilihan CPU selain AMD Ryzen, seperti prosesor Aseries atau Athlon.

Itu dia penjelasan tentang teknologi software AMD StoreMI dari AMD.

Editor : channabeck


Suka? Ayo Bagikan konten ini Ke teman agar makin Seru!

0 Komentar

Bagaimana perasaan kamu setelah membaca konten ini?

Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Marah Marah
0
Marah
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Takjub Takjub
0
Takjub
Suka Suka
0
Suka
Muhamad fikri alif

Mau Berbagi Apa Hari ini?
Artikel
Konten Original dari Kamu atau Berita Seputar Geek dan Pop-culture
Daftar / List
Daftar atau List Klasik yang Sering kamu temukan di dunia maya
Peringkat
List Peringkat yang Bisa di Upvote atau Downvote oleh Komunitas untuk menentukan Urutan Terbaik